Pasir Kali untuk Konstruksi: Jenis, Kegunaan, dan Cara Penggunaannya

Konstruksi bangunan memerlukan berbagai macam bahan untuk membuatnya kokoh dan kuat. Salah satu bahan utama yang dibutuhkan adalah pasir, yang memiliki peranan penting dalam menunjang kualitas bangunan. Salah satu jenis pasir yang banyak digunakan adalah pasir kali. Artikel ini akan membahas jenis pasir kali, kegunaannya dalam konstruksi, serta cara penggunaannya.

Apa itu Pasir Kali?

Pasir kali adalah jenis pasir yang diambil dari sungai atau kali. Pasir kali memiliki ukuran butir yang relatif besar, antara 2,5 mm hingga 10 mm. Selain itu, pasir kali juga memiliki bentuk yang beragam, ada yang berbentuk bulat, pipih, ataupun kasar. Kandungan mineral pasir kali juga cukup beragam, tergantung dari sumbernya.

Kegunaan Pasir Kali dalam Konstruksi

Pasir kali memiliki berbagai kegunaan dalam konstruksi. Berikut ini adalah beberapa kegunaan pasir kali dalam konstruksi:

1. Pembuatan Beton

Pasir kali merupakan bahan penting dalam pembuatan beton. Pasir kali digunakan sebagai bahan campuran dalam beton untuk membuat struktur beton menjadi lebih kuat. Karena ukurannya yang relatif besar, pasir kali dapat membuat struktur beton menjadi lebih kokoh dan tahan terhadap tekanan.

2. Pengikat Keramik

Pasir kali juga dapat digunakan sebagai pengikat keramik pada lantai. Pasir kali yang dicampur dengan semen akan membuat keramik pada lantai menjadi lebih kokoh dan tahan lama.

3. Pemadatan Tanah

Pasir kali juga digunakan dalam proses pemadatan tanah. Pasir kali yang dicampurkan dengan tanah akan membuat tanah menjadi lebih padat dan kokoh.

4. Pengurugan Tanah

Pasir kali juga dapat digunakan untuk pengurugan tanah. Pasir kali yang dicampurkan dengan tanah akan membuat tanah menjadi lebih padat dan kokoh.

Cara Penggunaan Pasir Kali dalam Konstruksi

Untuk menggunakan pasir kali dalam konstruksi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut ini adalah cara penggunaan pasir kali dalam konstruksi:

1. Pemilihan Pasir Kali yang Baik

Pilihlah pasir kali yang berkualitas baik dan memiliki ukuran butir yang seragam. Hal ini akan mempengaruhi kualitas bangunan yang akan dibangun.

2. Pengolahan Pasir Kali

Pasir kali yang digunakan harus diolah terlebih dahulu agar terhindar dari kotoran dan benda asing yang dapat mempengaruhi kualitas bangunan.

3. Campuran Pasir Kali

Pasir kali yang digunakan harus dicampur dengan bahan lain seperti semen, air, atau bahan tambahan lainnya sesuai dengan kebutuhan konstruksi yang akan dilakukan.

4. Pemasangan

Pasir kali yang sudah dicampur dengan bahan lain harus dipasang dengan benar sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan.

oRDER

Untuk memesan pasir kali berkualitas untuk konstruksi, Anda dapat menghubungi CV. Mitra Utama melalui nomor kontak 085276923101.
CV. Mitra Utama adalah penyedia pasir kali berkualitas dengan pengalaman yang telah terbukti dalam menyediakan pasir kali untuk berbagai jenis konstruksi.

CV. Mitra Utama

Penyedia Pasir Kali dan Batu Pecah terpercaya, menerima orderan dalam jumlah besar ke seluruh wilayah Indonesia. Hubungi kontak marketing kami 08116223101
Material berasal dari Penyabungan, Mandailing Natal, Sumatera Utara, Indonesia

More Posts

Karakteristik Pasir Sungai yang Harus Anda Ketahui Sebagai Konsumen
Karakteristik Pasir Sungai yang Harus Anda Ketahui Sebagai Konsumen

CV. Mitra Utama Pasir sungai adalah salah satu jenis bahan bangunan yang paling banyak digunakan di Indonesia, terutama untuk konstruksi bangunan dan jalan. Namun, tidak semua pasir sungai memiliki kualitas yang sama, karena sifat pasir dapat dipengaruhi oleh banyak...

Open chat
💬 Need help?
Halo 👋
Chat Whatsapp kami disini.